Kamis, 21 April 2016

Program Penyuluhan UPT Puskesmas Ngimbang

DIARE 
Definisi Kasus.Penyakit Diare adalah buang air besar lembek atau cair yang frekuensinya lebih sering dari biasanya.

Etiologi Penyakit Diare. Etiologi penyakit Diare antara lain disebabkan oleh virus, parasit, beberapa alergent, bakteri seperti shigella, salmonella, campylobacterjejuni, entamoeba histolytica, cacing seperti escherichia coli, dan lain-lain. Visi penyakit diare di Dinas Kesehatan Provinsi Bali adalah Terkendalinya penyebaran penyakit diare dan peningkatan kualitas hidup masyarakat. Misinya : Pengendalian penyebaran dan dampak penyakit diare dilakukan melalui upaya pencegahan dan meningkatkan kualitas pelayanan serta meningkatkan jangkauan program P2 Diare. Tujuan ; Menurunkan angka kematian dan kesakitan karena diare bersama program dan sektor terkait.

Kebijakan dalam pemberantasan penyakit diare adalah :  (1) Tatalaksana standar penderita diare; (2) Mengembangkan dan menyebarluaskan pedoman pemberantasan penyakit diare; (3) Penanggulangan KLB dan peningkatan SKD; (4) Meningkatkan kemitraan; (5) Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan petugas; (6) Meningkatkan bimbingan teknis serta monitoring dan evaluasi.

Strategi dalam pemberantasan penyakit Diare adalah : (1) Melaksanakan tatalaksana sesuai standar baik di institusi pelayanan kesehatan atau di tingkat rumah tangga; (2) Melaksanakan manajemen KLB yang terintegrasi; (3) Melaksanakan upaya pencegahan dan pemberantasan yang berbasis faktor risiko

Kegiatan program P2 Diare sebagai berikut : (1) Penemuan dan pengobatan penderita.Penemuan dan pengobatan penderita diare dilaksanakan oleh Puskesmas dan Rumah Sakit secara pasif di 9 ( sembilan ) Kabupaten/Kota se-Bali. (2) Pertemuan lintas sektor dan program terkait.Pertemuan lintas sektor dan program terkait dilaksanakan baik di tingkat Provinsi maupun tingkat Kabupaten / Kota dalam rangka penanggulangan diare. ; (3) Sistem Kewaspadaan Dini.Sistem kewaspadaan dini dilaksanakan di setiap tingkatan mulai dari tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota dan Puskesmas; (4) Penanggulangan KLB.Penanggulangan KLB diare dilaksanakan secara terpadu baik di tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota dan Puskesmas dengan melibatkan unsur terkait; (5) Pemantapan Logistik.Kegiatan pemantapan logistik dilaksanakan dalam rangka menunjang Program          P2 Diare yang meliputi : Pengadaan Obat-obatan dan desinfektan dalam rangka penanggulangan cholera dan atau diare; (6) Monitoring dan Evaluasi.Kegiatan monitoring dan evaluasi dilaksanakan secara berkala di laksanakan di setiap tingkatan mulai di tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota dan Puskesmas.


Disampaiakan oleh : Team Program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit UPT Puskesmas Ngimbang Lamongan di Aula SMPN 2 Ngimbang pada 17April 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar