Kamis, 09 April 2020

Belajar Dirumah Sangat Membosankan

      Pada tanggal 18 februari 2020 SMPN 2 Ngimbang telah memutuskan bahwa siswa - siswi diharap belajar dirumah. Kegiatan ini dilaksanakan dengan adanya antisipasi terhadap warga SMPN 2 Ngimbang agar tidak tertular virus corona, yang saat ini telah viral dan mematikan ribuan manusia. Belajar dirumah artinya, sama saja dengan belajar disekolah, tetapi jadwal - jadwal kegiatannya dilakukan di rumah masing - masing. Nah, disaat inilah saya menjadi bosan dengan adanya pelajaran online. Semoga kegiatan belajar dirumah ini, tidak berlangsung dengan jangkauan lama, agar kita semua tetap bisa belajar di sekolah dengan aman dan nyaman. Telah sekian lama saya merindukan KBM disekolah, agar selalu berjumpa dengan teman maupun sahabat yang selalu menemani kita saat kita kesepian.

       Juga banyak keluhan yang saya dengar dari pembicaraan temanku, terkadang kegiatan belajar dirumah ini, ada kegembiraannya, dikarenakan dapat mengerjakan tugas dengan santai, tetapi ada juga keluhan yang sangat memprihatinkan saat kegiatan dirumah melanda, dikarenakan berkurangnya uang jajan yang selalu kita keluarkan untuk uang jajan dirumah dan tidak ada pemasukan tabungan jikalau KBM di sekolah dialihkan menjadi kegiatan belajar dirumah. Pastinya semua anak pasti senang dengan adanya kegiatan belajar dirimah ini, kalau itu bagi anak laki - laki, mungkin 2% bagi anak perempuan sangat menyedihkan karena adanya kegiatan belajar dirumah ini, dikarenakan banyaknya pekerjaan rumah yang harus dilakuakan dengan ditambah pekerjaan sekolah yang menumpuk.

       Terkadang, jikalau kita belajar dirumah pastinya terdapat hawa - hawa yang tidak menyenangkan suasana pun menjadi bermalas - malasan yang akan menjadikan masalah  selalu ditunda tunda. Inilah yang menjadi keluhan seorang guru, mengapa sebagian murid selalu terdapat siswa yang selalu bermalas - malasan untuk mengerjakan kegiatan belajar dirumah tersebut. Terkadang masalah tersebut juga datang karena adanya permasalahan maupun banyak fikiran, mungkin semua fikiran tersebut datang karena banyaknya pekerjaan rumah maupun memang dia terlalu serius menghadapi perjalanan hidupnya. Hal inilah yang selalu membuat semua siswa selalu lupa maupun teledor karena banyak fikiran. Dan selayaknya menjadi siswa tidak harus mempunyai fikiran yang lebih. Biasanya juga terdapat siswa Yaang mengeluh karena banyaknya tugas kegiatan belajar dirumah yang harus dikerjakan, padahal itulah kegiatan yang wajib dilakukan oleh seorang siswa, karena belajar merupakan kewajiban bagi seorang siswa. Tetapi, adapula alasan mengapa kita merasa bosan saat belajar di rumah?... Dikarenakan belajar dirumah dengan menggunakan hp itu sangat berbeda dengan belajar secara langsung di sekolah, nah masalah itulah yang selalu membuat kita agak bosan dengan suasana dirumah saat adanya kegiatan belajar dirumah ini berlangsung.



Artikel ini ditulis oleh Rini Yuliawati, kelas 8D, Dsn Bebet, Ds. Sidokumpul, peserta jurnalistik SMPN 2 Ngimbang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar